Mari Belajar Menulis Pengumuman dengan Bahasa Lampung

Sudah beberapa kali SIKAM LAMPUNG UNJ menempelkan pamflet atau pengumuman di kampus, namun pamflet atau pengumuman yang ditempel tersebut masih menggunakan Bahasa Indonesia. Kapan ya kita bisa menggunakan Bahasa Lampung pada pamflet yang akan kita tempel?

Menulis pengumuman dengan Bahasa Lampung tentu membutuhkan kecakapan tersendiri, terutama kecakapan menguasai perbendaharaan kosa kata. Cara yang cukup membantu adalah membuat dulu pengumuman dengan Bahasa Indonesia lalu diterjemahkan ke Bahasa Lampung. Jika menemui kesulitan tanyakan pada guru Bahasa Lampung atau orang tua, sayangnya Google Translate belum menyediakan fasilitas ini.

Contoh Pengumuman.

PENGUMUMAN

Mari mengikuti lomba berpidato dalam bahasa Lampung dialek A/O di Perpustakaan Daerah Lampung (Pusda). Alamat : Jalan Pengajaran Teluk Betung Utara. Lomba dilaksanakan tanggal 20 Desember 2009. Dapatkan hadiah-hadiah seperti: tabanas, piala, piagam. Daftar sekarang juga melalui guru bahasa Lampungmu di sekolah masing-masing. Paling Lambat 1 Desember 2009.

Translate to Lampung language ….

Dialek A

PENGUMUMAN

Lapah gham nutuk lomba pidato dilom bahasa Lappung dialek A/O di Perpustakaan Daerah Lampung (Pusda). Alamatni di Jalan Pengajaran Teluk Betung Utara. Lomba dilaksanako tanggal 20 Desember 2009. Dapokko hadiah-hadiah gegoh: tabanas, piala, piagam. Geluk daftar ganta juga jama gughu bahasa Lampungmu di sekulah masing-masing, paling telat tanggal 1 Desember 2009

Dialek O

PENGUMUMAN

Lapah gham nutuk lomba pidato dilem bahaso Lappung dialek A/O di Perpustakaan Daerah Lampung (Pusda). Alamatno di Jalan Pengajaran Teluk Betung Utara. Lomba dilaksanaken tanggal 20 Desember 2009. Dapekko hadiah-hadiah gegoh: tabanas, piala, piagam. Geluk daftar tano jugo jama gugheu bahaso Lappungmeu di sekulah masing-masing, paling telat tanggal 1 Desember 2009.

Bagaimana? Mudahkan? Jika kita perhatikan lebih teliti hanya terdapat beberapa perbedaan antara Dialek A dan Dialek O. Semua ini dapat kita pelajari, asal kita memiliki keinginan yang kuat untuk mempelajarinya.

Salam hangat selalu..

(sumber:A.Md, warsiyem, dkk. Hanggum Bubahasa Lampung. Bandar Lampung. Gunung Pesagi)

Iklan

About blog mahasiswa lampung UNJ

merupakan perkumpulan mahasiswa Lampung Universitas Negeri Jakarta

Posted on November 27, 2009, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Angga Arata ayabito

    ini nie,,
    akhirnya ktemu,,
    tanks gan,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: