SAKSI SEJARAH MASA KOLONIAL

Saksi bisu sejarah perjuangan anak negeri terendap dalam rekaman jejak gedung megah bernama Masjid Al Abror yang terletak di Jalan Terusan Pemuda, Tanjungkarang Pusat, Bandar Lampung. Hiruk pikuk suasana kota tak mampu menggeser kekuatannya, meski “dilupakan” generasi muda. Semangatnya tetap menyala, walau terus terusik dengan majunya zaman yang mulai menua.
Digagas di atas semangat Islam pada 1914 dengan pendiri Habib Husein bin Ahmad bin Jafar Assegaf, masjid ini terus saja “bergerak” melalui lokomatif peradaban.
Dibalik kemegahannya, ternyata banyak yang tak tahu pada zaman kolonial Belanda, masjid yang awalnya berdiri tidak lebih dari 12 x 8 meter ini dijadikan markas Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan basis Laskar Hisbullah Lampung pada perang kemerdekaan Republik Indonesia.
Di tanah seluas 400 m2, masjid ini terus mengikuti alur waktu. Pemugaran kali pertama dilakukan pada 1972 dengan mengadopsi arsitektur Arab modern. Renovasi kedua dilakukan medio Januari 1994 dengan menggabungkan arsitektur Timur Tengah dan Eropa. Selanjutnya, pada 1998 renovasi kembali berlanjut hingga diselesaikan seperti sekarang ini.
Masjid yang telah masuk dalam situs kepurbakalaan itu hamper sebagian peninggalan sejarahnya telah hilang akibat renovasi yang dilakukan beberapa kali. Hanya ada jam berukuran besar di sampir mimbar yang diperkirakan umurnya pun sudah puluhan tahun.
Sumber: Radar Lampung (Minggu, 19 September 2010)

Iklan

About blog mahasiswa lampung UNJ

merupakan perkumpulan mahasiswa Lampung Universitas Negeri Jakarta

Posted on September 19, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: