BIDIK MISI UNJ 2011

BIDIK MISI 2011

Program Bantuan Biaya Pendidikan; Beasiswa Bidik Misi 2011

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) kembali meluncurkan program Bidik Misi pada tahun 2011 ini untuk memberikan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan dan bantuan hidup kepada mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi di 104 perguruan tinggi, termasuk di Universitas Negeri Jakarta. Ingin tahu lebih lanjut mengenai Beasiswa Bidik Misi? Berikut adalah beberapa pertanyaan yang kerap diajukan oleh calon pelamar.

Apakah Universitas Negeri Jakarta termasuk salah satu penyelenggara Beasiswa Bidik Misi?

Ya, Universitas Negeri Jakarta merupakan salah satu perguruan tinggi penyelenggara Beasiswa Bidik Misi dengan kuota penerima beasiswa sejumlah 450 orang.

Siapa yang berhak mengajukan beasiswa?

Lulusan SMA/SMK/MA/MAK sederajat tahun 2010 dan 2011 yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.
Bagaimana proses seleksi beasiswa dilakukan?
Seleksi Beasiswa Bidik Misi di lingkungan UNJ dilakukan dengan beberapa pola berikut, yaitu: SNMPTN (jalur undangan dan tulis) dan PENMABA UNJ*. Jadi, yang berhak mendapat Beasiswa Bidik Misi 2011 adalah Mahasiswa Baru Universitas Negeri Jakarta angkatan 2011 yang mengajukan beasiswa.

Berapa lama beasiswa diberikan?

Bantuan biaya pendidikan diberikan selama 8 semester untuk program S1 dan 6 semester untuk program D3. Untuk program studi yang memerlukan program keprofesian, perpanjangan pendanaan dapat diupayakan oleh pihak perguruan tinggi.

Berapa besaran beasiswa yang diberikan?

Beasiswa untuk tahun 2011 diberikan sebesar Rp 6.000.000,00/mahasiswa/semester yang terdiri atas, bantuan biaya hidup (diserahkan kepada mahasiswa) dan bantuan biaya pendidikan (dikelola oleh UNJ).

Apa saja persyaratan pengajuan beasiswa?

Persyaratan pengajuan Beasiswa Bidik Misi 2011 ini, sebagai berikut:
1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau sederajat yang akan lulus pada tahun 2011 atau lulusan tahun 2010 yang bukan penerima Bidik Misi.
2. Usia paling tinggi saat mendaftar adalah 21 tahun.
3. Kurang mampu secara ekonomi.
4. Potensi akademik memadai, yaitu masuk dalam 30% terbaik sekolah (semester 4 dan 5 bagi yang akan lulus tahun 2011 atau semester 5 dan 6 bagi lulusan 2010) untuk semua jalur, kecuali SNMPTN jalur undangan.
5. Khusus untuk SNMPTN jalur undangan, masuk dalam urutan terbaik kelas dengan ketentuan berikut:
a. Sekolah akreditasi A
1) 100% terbaik kelas akselerasi
2) 75% terbaik kelas pada sekolah RSBI/SBI
3) 50% terbaik kelas pada sekolah reguler
b. Sekolah akreditasi B; 25% terbaik kelas
c. Sekolah akreditasi C; 10% terbaik kelas
6. Pertimbangan khusus diberikan bagi pendaftar yang memenuhi persyaratan 1-5 dan memiliki prestasi ko-kurikuler maupun ekstrakurikuler paling rendah peringkat 3 di tingkat Kabupaten/Kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak memiliki pemeringkatan (contoh: Ketua OSIS, dll)
7. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud dinyatakan melalui rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Apa saja berkas yang diperlukan untuk pendaftaran?

Berkas yang diperlukan sebagai syarat pendaftaran untuk calon yang akan lulus tahun 2011 adalah sebagai berikut:
1. Formulir pendaftaran yang telah diisi pendaftar
2. Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
3. Fotokopi Kartu Tanda Siswa
4. Fotokopi rapor semester 1-5 yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/Madrasah
5. Surat keterangan peringkat siswa di kelas (dan bukti prestasi lain di bidang keilmuan yang dilegalisasi Kepala Sekolah/Madrasah)
6. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan Kepala Desa/instansi orang tua bekerja
7. Fotokopi Kartu Keluarga
8. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir atau bukti pembayaran PBB (jika memiliki)

Sementara itu, berkas yang diperlukan sebagai syarat pendaftaran untuk lulusan tahun 2010 adalah sebagai berikut:
1. Formulir pendaftaran yang telah diisi pendaftar
2. Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
3. Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah
4. Fotokopi rapor semester 1-6 yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/Madrasah
5. Fotokopi ijazah yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/Madrasah
6. Fotokopi nilai Ujian Akhir Nasional yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/Madrasah
7. Surat keterangan peringkat siswa di kelas (dan bukti prestasi lain di bidang keilmuan yang dilegalisasi Kepala Sekolah/Madrasah)
8. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan Kepala Desa/instansi orang tua bekerja
9. Fotokopi Kartu Keluarga
10. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir atau bukti pembayaran PBB (jika memiliki)

Bagaimana cara pendaftaran Beasiswa Bidik Misi 2011?

Cara pendaftaran Bidik Misi melalui SNMPTN ujian tulis maupun seleksi mandiri adalah sebagai berikut:
1. Calon pendaftar mengajukan diri ke Kepala Sekolah untuk direkomendasikan sebagai calon penerima Beasiswa Bidik Misi.
2. Kepala Sekolah/Madrasah menyeleksi siswa yang memenuhi syarat dan menyusun dalam suatu rekomendasi menggunakan formulir Lampiran 1 (dapat diperoleh pada website bidikmisi.dikti.go.id
3. Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi ke http://bidikmisi.dikti.go.id/pendaftaran dengan melampirkan hasil scan (Lampiran 1 bagian F) untuk mendapatkan Nomor Identifikasi Sekolah Pemberi Rekomendasi (NISR).
4. Sekolah merekomendasikan tiap siswa melalui http://bidikmisi.dikti.go.id/pendaftaran dengan menggunakan NISR untuk mendapatkan Nomor Pendaftaran (NP) untuk tiap siswa yang direkomendasikan.
5. Siswa yang direkomendasikan melakukan pendaftaran secara online melalui http://www.bidikmisi.dikti.go.id/pendaftaran kemudian mencetak formulir pendaftaran untuk disampaikan kepada Kepala Sekolah beserta berkas pendaftaran lainnya.
6. Sekolah atau siswa yang tidak dapat mendaftar secara online dengan alasan yang dapat dibenarkan, mengisi formulir yang disediakan pada http://www.dikti.go.id atau http://www.bidikmisi.dikti.go.id.
7. Kepala Sekolah/Madrasah mengirimkan formulir rekomendasi sekolah (Lampiran 1), formulir pendaftaran (Lampiran 3) beserta berkas kelengkapan lain secara kolektif ke pimpinan perguruan tinggi penyelenggaran Bidik Misi.

selangkapnya kunjungi :
http://bidikmisi.dikti.go.id/portal/

sumber: di sini

Iklan

About blog mahasiswa lampung UNJ

merupakan perkumpulan mahasiswa Lampung Universitas Negeri Jakarta

Posted on April 1, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 53 Komentar.

  1. saya adalah siswa MA yang ingin masuk UNJ melalui progam Bidik Misi, apakah syarat khusus yang dikeluarkan dari UNJ dan kapan penyerahan berkas paling lambat. terima kasih

  2. wahyu agustian

    aslmkm…. sy sudah dftrkan diri di unj lewat bidikmisi. namun saya ragu apakah sy ktrima atau tdk. masalahnya ga ada info apapun mengenai jalur tsb. dan sulit sekali untk menghubungi atau mencari nama sy di situsnya. kan biasanya ada nama2 calon mahasiswa yg telah terdaftar di ptn tertentu. tp knp untk d unj sulit skali untuk melihat

  3. salam UNJ.
    saya slah satu peserta bdik misi unj yg tlah mndftarkan dri baik scra kolektif skolah maupun administratif.trkait plaksanaan sleksi apkah hanya dtntukan dgn hasil tes administrasi serupa pmdk atau bbrapa jlur trtentu?dan lagi seumpama dtntukan sleksi PENMABA apkah trdpat bea pndftran ujian ataupun sjenisnya?
    thanks.

  4. Ka, saya salah satu peserta snmptn undangan (pmdk) yang mengajukan bidik misi, lalu saya diterima melalui jalur snmptn undangan di FE-UNJ, apakah saya langsung mendapatkan beasiswa bidik misi? Atau harus mendaftar kembali?
    Makasih

  5. katanya kalau mau daftar snmptn unj harus daftar di bidik misi dulu, tapi saya sudah terlanjur daftar online snmptn ambil pend. jepang dan pend.jerman, masih bisa daftar bidik misi gak ? boleh tau no hp kaka, untuk tanya2 lebih jelasnya, karna masih bingung cara pendaftarannya. untuk formulir pendaftaran yang harus diisi yang mana ya. mohon bantuannya ka.

  6. Salam UN, Saya telah di terima di UNJ dengan jalur SNMPTN UNdagan lewat beasiswa bidik misi. tapi di dalam hasil pengumuman tidak ada keterangan bidik misi, apakah saya menerima beasiswa tersebut? yang edua adakah seleksi tambahan untuk penerima bidik misi dan apa saja persyaratan yang harus dibawa untuk registrasi ulang?
    terima kasih

  7. GILANG CAHYO NUR T

    asslmkm,
    kak untuk verifikasi beasiswa bidikmisi syaratnya apa aj??
    saya udah diterima di UNJ pelamar beasiswa bidikmisi, tapi di web UNJ tidak ada ketentuan lebih lanjut mengenai beasiswa bidikmisi ini, ?? gmana ya kak??
    syukron…

    • blog mahasiswa lampung UNJ

      Sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi apakah beasiswa bidik misi perlu melengkapi syarat lagi atau tidak. Setahu kami panitia khusus bidik misi yang akan menyeleksi apakah calon penerima tersebut layak atau tidak dan akan diumumkan nanti saat perkuliahan mulai berjalan.

  8. maaf , apabila saya telah menjadi mahasiswa UNJ , apakah Beasiswa bidik misi masih bisa diajukan ?

  9. ka, sya sdah di trima bidikmisi di UNJ melalui jalur undangan,bagaimana cara daftar ulangnya kak??

  10. adakah beasiswa lain selain dari bidik misi? namun didapat dari awal semester.
    terimakasih

  11. saya ingin skli mendapatkn beasiswa bidikmisi,,tapi saya tidak bisa cara mendapatkannya,,waktu saya tanya sama guru dia malah tidak tau,,apakah saya bisa mendaftar langsung pada perguruan tinggi yang saya pilih apabila saya lulus ujian tulis di perguruan tingggi tersebut,,mohon balasannnya..

  12. ass.ka saya sudah msuk unj melalui snmptn tertulis tapi saya ingin mendapatkan beasiswa bidik misi ,caranya bagaimana ya ka?saya mengajukannya kmana?

    • blog mahasiswa lampung UNJ

      Harusnya jika mau mendaftar bidik misi, lewat sekolah sebelum mendaftar SNMPTN Tertulis, namun nanti coba saja tanyakan hal ini di posko Advokasi BEM UNJ.

  13. saya sudah lolos snmptn tertulis, bagaimana cara mendaftar bidik misi di UNJ? terima kasih

  14. kk nanya donk lulusan 2009 untuk mahasiswa baru 2011 bisa ga ya ? tq

  15. jadi sekarang sudah tidak bisa?

  16. ka

    ka , apa bisa kalo lulus snmptn tertulis tpi tidak ikut bidik misi…
    ingin ikut bidik misi untuk umb-pt??

  17. kak aku sudah diterima snmptn unj, biaya kuliah pertama ini terasa berat bagi aku,masih bisa nggak ya ngajukan beasiswa bidik misi, kemana saya harus cari informasi ?

  18. siang,

    untuk lanjutan d3 sekretaris dari kampus lain apakah bisa dilanjutkan di s1 unj
    boleh tau untuk biaya 2 dan syarat – syaratnya

    thanks

  19. Ass..ka mau tanya,,,
    waktu itu di sekolah,aku uda daftar bidikmisi dan snmptn undangan,,
    tapi gak lulus snmptn undangannya…
    naah sekarang aku uda lulus di unj jalur penmaba kmren,,,terus cara dapat bidikmisinya bagaimana yaa ka???
    saya harus ngapain???

  20. ka,sya sudah lulus snmptn tertulis…trus tadi dapet undangan ktanya dapet beasiswa,tp suruh ngurus surat2…kalo di urus udah pasti dapet atau masih diseleksi ya ka?

  21. kak… bidikmisi dan snmptn undangan ada gak yang untuk 2012,
    saya pengen coba daftar kak,,
    pengen banget bisa kulaih khususnya di bidang matematika,

    ada usulan ato cara gak kak, gmna caranya biar bisa dapat beasiswanay

    • blog mahasiswa lampung UNJ

      Ada. Karena itu program baru dan baru berjalan 2 tahun. BIasanya ada pemberitahuan dari pihak sekolah. Coba tanyakan ke sekolahnya dahulu, ok

  22. salam UNJ
    aku mau tanya untuk penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN undangan bidik misi, pendaftarannya sudah di buka atau belum?

  23. asskum…ka’ sya siswa MAN ingin mndftr UNJ jalur SNMPTN undangan…apakah sudah di buka??trima ksih^_^

  24. niat saya untuk melanjutkan kuliah sungguh2..
    semoga saya bisa masuk unj melalui bidik misi ini..

    untuk pengumuman’y kapan yaa??

  25. permisi,

    ka maaf untuk pengiriman berkas berkas persyaratan beserta formulir, dikiirim langsung ke UNJ atau menggunakan e-mail ?

    terimakasih sebelumnya

  26. assalamualiakumm,,

    ka bagaimana cara pendaftaran ke UNJ ???

  27. Assalamualaikum .. ka tolong datang untuk pemberitahuan tentang UNJ di sekolah kami ( SMK NEGERI 7 KABUPATEN TANGERANG ) di Jl. raya Legok perum. dasana indah kec. kelapa dua kab. tangerang
    terima kasih
    wassalamualaikum ..

    • blog mahasiswa lampung UNJ

      Wa’alaikumsalam. Dik Bunga coba sampaikan langsung dengan HUMAS UNJ ya, follow saja akun twitternya @Humas_UNJ
      Kami perkumpulan mahasiswa Lampung UNJ biasanya setiap tahun melakukan sosialisasi di Lampung saja, dan karena keterbatasan SDM, dan lain hal itu pun hanya beberapa sekolah. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: