SNMPTN Undangan UNJ

SNMPTN tahun ini dimulai dengan jalur Undangan. Ya, seperti tahun lalu, SNMPTN Undangan dilaksanakan di awal tahun. Pada tahun 2012 Jalur SNMPTN Undangan dimumulai tanggal 1 Februari 2012. Mekanisme pendaftaran SNMPTN Undangan pada tahun ini hampir sama dengan tahun kemarin, yaitu yang melamar adalah kepala sekolah tempat siswa tersebut menempuh pendidikan. Satu siswa bisa mendaftar ke dua PTN, dan tiga prodi di setiap PTN.
Urutan prodi dan PTN yang dipilih menunjukkan priroritas. Jadi, pastikan kamu memilih prodi dan kampus yang memungkinkan untuk kamu tembus.
Pertimbangkan juga faktor passing grade dan rasio antara bangku yang tersedia dengan peminat tiap jurusan. Data ini bisa kamu dapatkan di laman resmo SNMPTN. Intinya, jangan sampai kamu salah pilih.

Seleksi jalur undangan dilakukan dengan melihat nilai rapormu selama masa studi di SMA. Tidak hanya itu, nilai ujian nasional (UN) juga akan menjadi pertimbangan apakah kamu akan lolos seleksi atau tidak. Makanya, giat belajar dan konsisten meraih nilai bagus menjadi kunci keberhasilanmu lulus SNMPTN jalur undangan.

Seperti ujian tulis, pendaftaran jalur undangan juga dilakukan secara online pada 1 Februari-8 Maret 2012, dengan biaya Rp175 ribu. Pendaftaran ini dibuka serentak pada seluruh kampus negeri di Tanah Air.

Pada proses seleksi, panitia SNMPTN akan mengurutkan nilai para pelamar dan mencocokkannya dengan syarat nilai minimal prodi yang dilamarnya.

Seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 9 Maret-15 Mei, sedangkan penentuan siswa yang akan diterima pada 23 – 24 Mei. Sementara pengumuman seleksi pada 25 Mei.

Ingat ya, pendaftaran online ini hanya dibuka sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Jadi, pendaftaran yang telah lewat dari jadwal tidak akan dilayani. Supaya enggak ketinggalan informasi, rajin-rajin deh ngecek laman resmi jalur undangan SNMPTN, http://undangan.snmptn.ac.id, website resmi kampus tujuanmu, atau pengumuman di sekolahmu.

(diedit seperlunya dari http://kampus.okezone.com/read/2012/01/10/373/554481/yuk-siap-siap-daftar-jalur-undangan-snmptn)

Pertanyaan yang sering ditanyakan:

Apa sebenarnya SNMPTN Jalur Undangan?

SNMPTN Jalur Undangan merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis atau keterampilan. Jalur ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.

Apakah semua sekolah bisa mengikuti jalur ini?

Tidak semua sekolah bisa mengikuti jalur ini. Hanya sekolah yang diundang oleh Panitia SNMPTN yang bisa merekomendasikan siswanya mengikuti seleksi di jalur undangan.

Di mana bisa tahu bahwa sekolahmu termasuk yang diundang?

Daftar sekolah yang diundang bisa dilihat di laman resmi SNMPTN Jalur Undangan (http://undangan.snmptn.ac.id).

Bagaimana jika sekolahmu belum masuk daftar itu?

Kepala sekolahmu dapat mengajukan permohonan resmi kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah.

Apa sih syaratnya agar sekolahmu bisa mengikuti jalur ini?

Jalur ini dapat diikuti oleh SMA/SMK/MA/MAK baik negeri maupun swasta yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-SM) atau lainnya, dan atau terdaftar pada basis data SNMPTN 2011.

Jika sekolah saya terdaftar di laman itu, saya sudah pasti bisa mendaftar di jalur undangan?

Belum tentu. Selain duduk di kelas terakhir yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada 2012, kamu harus memperoleh rekomendasi kepala sekolah. Selain itu, memiliki kesehatan memadai yang tidak mengganggu pembelajaran di perguruan tinggi serta tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Apa syarat untuk mendapatkan rekomendasi kepala sekolah?

Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh kepala sekolah, yaitu masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester tiga, empat, dan lima dengan ketentuan berdasarkan akreditasi. Akreditasi yang dimaksud adalah akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MAK.

Ada perinciannya?

Akreditasi A: 50 persen terbaik dan konsisten di semester tiga, empat, dan lima. Akreditasi B: 30 persen terbaik dan konsisten di semester tiga, empat, dan lima. Akreditasi C: 15 persen terbaik dan konsisten di semester tiga, empat, dan lima. Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa Indonesia berdasarkan nilai pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2012.
(sumber: http://kampus.okezone.com/read/2012/01/13/373/556700/kenali-jalur-undangan-lebih-dekat-yuk-1)

Iklan

About blog mahasiswa lampung UNJ

merupakan perkumpulan mahasiswa Lampung Universitas Negeri Jakarta

Posted on Januari 14, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 13 Komentar.

  1. mau tanya kata nya ada bird news bahwa UNJ tahun 2012 ini tidak menerima MABA melalui jalur snmptn undangan

  2. mau nanya fakultas seni tari dan olahraga cara daftarnya bagaimana?

  3. mau tanya dong kalo saya milih prodi bahasa tapi saya jurusan ipa bisa ga ?

  4. apakah jurusan ipa boleh memilih jurusan ips untuk snmptn undangan di UNJ?

  5. Bisakah jurusan ipa mengambil prodi ips ke unj ?

  6. bisakah jurusan ipa memilih prodi ips di UNJ ?

  7. saya dari ipa ,,tapi ingin masuk akuntansi /pndidikan matematika…kira2 bagaimana peluangnya ya ? saya ikut jalur undangan ,,kira2 rincian biayanya bagaimana ya ?

  8. mariana suzett siregar

    saya juga dari IPA …saya ngambil manajemen si UNJ ,,,kira2 ada gak kesulitan yang aku hadapi…….

  9. saya lulusan th 2012 ini, dan telah lulus undangan UNJ . untuk melihat persyaratan untuk daftar ulang tahun ini gimana caranya? apa sama dengan persyaratan th lalu? makasih, ditunggu infonya .

    • blog mahasiswa lampung UNJ

      Silahkan datang ke Gd.BAAK Kampus A UNJ dan siapkan saja:
      1. Kartu Tanda Peserta SNMPTN Undangan 2012
      2. Printout bukti lulusn SNMPTN Undangan
      3. Ijazah asli dan STL asli/ SKHUN atau sejenisnya dan fotokopi yang sudah dilegalisir.
      4. Pas foto 3Ă—4 dan 4Ă—6

  10. Persyaratannya Pake rapor juga gak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: